Menu Atas

Iklan

Menu Bawah


Senin, 07 November 2022, November 07, 2022 WIB
Last Updated 2022-11-08T07:31:10Z
DaerahNasional

Berikut Obat Alami Atasi Radang Tenggorokan

 


Radang tenggorokan menjadi masalah kesehatan yang kerap dialami terutama ketika musim hujan seperti sekarang.


Radang tenggorokan terjadi sebagai bagian dari respons imun tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri. Respon imun alami menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.


Sakit tenggorokan bisa menjadi sangat tidak nyaman, terutama ketika Anda mencoba menelan. 


Dilansir dari Tempo.co, hal itu disebabkan selaput lendir di tenggorokan Anda meradang dan bengkak. Tentu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah minum cairan dan tetap terhidrasi dengan baik. Jaga agar selaput lendir tenggorokan Anda tetap lembab sehingga bisa sembuh.


Cobalah minum atau setidaknya menyeruput air setiap jam. Jika tidak nyaman, cobalah minum teh herbal hangat yang terbuat dari tanaman seperti echinacea, peppermint, atau chamomile. Mengisap permen tenggorokan herbal juga menghasilkan air liur dan menenangkan tenggorokan.


Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan:


1. Menggunakan Madu

Melansir Healthline, madu menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri merupakan obat alami yang umum untuk gejala radang tenggorokan. 


2. Berkumur Air Garam

Menurut American Osteopathic Association, orang dengan radang tenggorokan harus melakukan kumur air asin setidaknya sekali dalam satu jam. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Cara ini juga dikenal untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Anda cukup mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu berkumur. 


3. Cuka Sari Apel

Mengutip Medical News Today, cuka sari apel merupakan tonik kesehatan alami. Cuka sari apel telah menjadi bahan pokok dalam pengobatan obat tradisional selama berabad-abad. Bahan aktif utamanya yaitu asam asetat yang membantu melawan bakteri.

Dokter Yunani kuno, Hippocrates, yang dikenal sebagai bapak kedokteran, meresepkan kombinasi cuka sari apel dan madu, yang disebut oxymel, untuk mengobati gejala flu, seperti batuk dan radang tenggorokan.


4. Air Lemon

Air lemon merupakan minuman menyegarkan yang juga dapat mengurangi radang tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya. Senyawa ini dapat melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif. Lemon juga meningkatkan jumlah air liur yang diproduksi tubuh, yang dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembab.


5. Air Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah dengan efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Beberapa penelitian laboratorium menemukan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan. Selain itu, juga dapat mengurangi peradangan pada penderita TBC, yang merupakan penyakit paru-paru. 


Sumber: Tempo.co/Rindi Ariska

Terkini