Iklan

Senin, 26 Februari 2024, Februari 26, 2024 WIB
Last Updated 2024-02-27T04:26:24Z
DaerahHeri AmalindoTrending

Infrastruktur Dasar Masih Menjadi Prioritas Pembangunan di PALI Tahun 2025


HitsIndo.com
-- Infrastruktur dasar dan komunikasi masih menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2025 mendatang. 


Hal itu diketahui saat Pemerintah Kabupaten PALI melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Perangkat Daerah, kemarin 26 Februari 2024 di Guest House Komplek Pertamina Pendopo. 


Pada kegiatan yang dibuka Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono diketahui bahwa salah satu prioritas pembangunan kabupaten PALI tahun 2025 adalah infrastruktur dasar dan  komunikasi. 


Dimana sektor ini masih sangat dibutuhkan masyarakat dalam menggerakkan ekonominya.


Disamping infrastruktur dasar dan komunikasi masih ada 4 prioritas pembangunan di Kabupaten PALI yang akan digenjot tahun depan.


Yakni pengembangan sarana dan prasarana pendukung ekonomi kerakyatan.


Kemudian pengelolaan Sumber Daya Alam dan lingkungan yang lestari dan berkelanjutan.


Lalu peningkatan reformasi birokrasi dan transformasi pelayanan publik.


Selanjutnya penurunan angka kemiskinan dan Stunting.


Terakhir adalah peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing dan inovatif. 


Wabup PALI Drs H.Soemarjono mengatakan bahwa digelarnya Forum Perangkat Daerah merupakan langkah awal yang dilakukan Pemda PALI dalam penyusunan RKPD. 


Dengan digelarnya forum tersebut, diharapkan ada masukan, saran dan koreksi dari masing-masing OPD.

"Setelah digelarnya forum tersebut, kemudian mendengar dan menampung dari Musrenbang kecamatan, OPD diharapkan bisa memberikan saran dan koreksi atas usulan yang telah disampaikan masyarakat. Nantinya dikaji, dianalisa mana yang perlu dilaksanakan mana yang tidak," ujar Wabup.


Semenyara itu, Kepala Bappeda kabupaten PALI Ahmad Jhoni menjelaskan bahwa digelarnya Forum Perangkat Daerah itu dalam rangkaian penyusunan rancangan awal rencana kerja (renja) tahun anggaran 2025.

Ahmad Jhoni mengatakan bahwa Forum Perangkat Daerah diharapkan menghasilkan usulan, saran dan masukan dalam penyusunan awal renja tahun anggaran 2025.


Ahmad Jhoni menyatakan penyusunan rancangan awal renja, haruslah memuat rumusan program berdasarkan RPJMD 2021-2026, serta usulan Musrenbang dan pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD.

"Persiapan penyusunan telah dilaksanakan tanggal 2 Desember 2023. Dilanjutkan kegiatan pra Musrenbang, kemudian forum konsultasi publik, Musrenbang tingkat kecamatan, Penyusunan RKPD, Forum Perangkat Daerah, Asistensi," jabar Ahmad Jhoni. 

Kemudian pada bulan Maret, Lanjut Ahmad Jhoni Bappeda PALI mulai penginputan.

"Setelah itu dilakukan verifikasi usulan baik dari Musrenbang dan verifikasi pokir DPRD," jelas Ahmad Jhoni.

Setelah forum Perangkat Daerah, Ahmad Jhoni mengemukakan bahwa Bappeda menggelar Asistensi perangkat daerah. Dimana para OPD akan melakukan paparan terkait rencana kerja masing-masing OPD pada tahun 2025.


"Asistensi ini akan digelar mulai tanggal 27-29 Februari 2024. Bertempat di Kantor Bappeda kabupaten PALI. Kemudian diharapkan juga pada kegiatan Forum Perangkat Daerah, akan menghasilkan output yang bisa memberikan masukan dan saran serta membuat berita acara kesepakatan," tutupnya.***