Iklan

Senin, 04 Maret 2024, Maret 04, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-05T07:41:09Z
DaerahPemkab PALITrending

Jelang Puasa Bupati PALI Melalui Sekda Sidak Pasar, Hasilnya Pasokan Aman



HitsIndo.com-- Pastikan ketersediaan pasokan bahan pangan jelang bulan Suci Ramadhan, Bupati PALI Dr Ir.H.Heri Amalindo MM melalui Sekda Kartika Yanti melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Inpres Pendopo  Selasa 5 Maret 2024.



Hal itu dilakukan pemerintah kabupaten PALI untuk memantau perkembangan harga-harga juga pasokan bahan pangan jelang bulan puasa. 



Pada kegiatan tersebut, Pemerintah kabupaten PALI dipimpin Sekda Kartika Yanti mengajak Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIK serta sejumlah kepala OPD terkait. 



"Secara umum pasokan bahan pangan hingga jelang lebaran nanti masih aman, hanya saja memang terjadi kenaikan di beberapa jenis bahan pangan seperti beras dan buah-buahan," ujar Sekda disela kegiatan Sidak. 



Dengan adanya kenaikan harga sejumlah bahan pokok, Sekda menghimbau warga agar tidak panik. 



"Jangan panik dan jangan main borong karena pasokan aman. Apabila ada aksi main borong dikhawatirkan harga kembali melonjak," himbau Sekda. 



Kepada pedagang, Sekda juga menekankan agar tidak melakukan penimbunan barang, dan apabila itu terjadi maka yang bertindak adalah aparat kepolisian. 



"Menimbun barang adalah pidana, jadi kalau itu terjadi maka pedagang bersangkutan bakal berhadapan dengan hukum," tandasnya.



Sementara itu, Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIK menyebut bahwa aktivitas pasar inpres Pendopo sudah mulai ramai. 



"Hasil monitoring situasi di pasar Inpres saat ini mulai ramai, dimana konsumen (pembeli) mulai berbelanja kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga," ungkap Kapolres. 



Kapolres PALI menambahkan bahwa aktivitas perdagangan di pasar impres Kecamatan Talang Ubi berjalan seperti biasa, dan untuk kebutuhan Sembako terpantau memang mengalamai kenaikan seperti beras, daging ayam boiler, telur ayam, bawang, minyak curah, dan garam.



"Yang sangat naik harganya secara signifikan adalah buah-buahan, seperti buah anggur dan apel," terang Kapolres.***