Iklan

Sabtu, 16 Maret 2024, Maret 16, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-16T19:47:28Z
DaerahDinkesHeri AmalindoPertaminaTrending

Sumur Gas Pertamina Adera Bocor, Dinkes PALI Sigap Bagikan Masker Terhadap Warga Curup



PALI -- Adanya sumur gas milik Pertamina Adera yang bocor dan menimbulkan kebisingan serta bau menyengat yang mengancam kesehatan warga, Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten PALI sigap turun ke lokasi membagikan masker kepada warga terdampak.


Lokasi sumur gas yang bocor memang berada di seberang Sungai Lematang Desa Curup Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI, namun dampaknya sangat terasa oleh warga Dusun 5 Desa Curup. 


Dinkes PALI dalam hal ini melalui Puskesmas Tanah Abang selain membagikan masker juga membagikan vitamin untuk warga.


"Warga Dusun 5 Desa Curup sudah banyak yang mengeluhkan sesak napas. Maka dari itu kami turun ke lokasi membagikan masker dan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan warga," ungkap Plt Kepala Dinkes PALI Birman Alamsyah melalui Kepala Puskesmas Tanah Abang, dr Muhtazirin, Sabtu 16 Maret 2024.


Pada saat membagikan masker, dr Muhtazirin juga menghimbau warga agar jangan menghidupkan api. 


"Karena uap gas sangat menyengat kami himbau warga untuk sementara tidak menghidupkan api untuk hindari ledakan," himbaunya.


Sementara itu, Kepala Desa Curup M.Tisar menyampaikan apresiasinya terhadap kepedulian pemerintah Kabupaten PALI melalui Dinkes yang sigap bantu warga. 


"Kami sangat berterimakasih atas bantuan dari Dinkes PALI. Kejadian sumur gas bocor sudah sejak hari Senin lalu," ucap Kades.


Kades menyayangkan lambannya penanganan oleh pihak Pertamina Adera dalam mengatasi masalah tersebut. 


"Pertamina lamban dan kurang peduli terhadap masyarakat yang terdampak. Meskipun sumur tersebut sudah lama tidak digunakan, namun aset itu milik Pertamina yang seharusnya bertanggungjawab," tandas Kades.