Iklan

Kamis, 30 Mei 2024, Mei 30, 2024 WIB
Last Updated 2024-05-30T12:18:20Z

Festival Candi Bumi Ayu Resmi Dibuka, Sekda PALI: Kagiatan Ini Harus Ada Untuk Mengasah Jiwa Seni

Sekda PALI Buka Festival Candi Bumi Ayu



PALI. HITSINDO.COM -- Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr.Ir.H Heri Amalindo MM melalui Sekretaris Daerah Kartika Yanti secara resmi membuka kegiatan festival Candi Bumi Ayu tahun 2024, Kamis 30 Mei 2024 di kawasan Candi Bumi Ayu kecamatan Tanah Abang. 

Selain membuka festival Candi Bumi Ayu, Sekda juga melantik kepengurusan Dewan Kesenian kabupaten PALI tahun 2024.

Dalam membuka festival Candi Bumi Ayu dan melantik kepengurusan Dewan Kesenian, Sekda Kartika Yanti didampingi kepala Disbudpar, Novita Febrianti dan dihadiri sejumlah OPD serta Forkopimda dilingkungan Pemkab PALI. 

Pada sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa festival ini hendaknya terus ada, untuk mengasah jiwa seni dan keterampilan bagi seluruh kalangan.


"Tidak hanya anak anak, orang dewasa juga dapat memeriahkan festival ini. Untuk itu festival seperti ini harus terus diadakan sebagai sarana mengasah dan menggali potensi kebudayaan serta seni khas PALI," ujar Sekda.

Kedepannya diharapkan Sekda bahwa usai festival Candi Bumi Ayu dilaksanakan hendaknya semakin banyak lahirkan lagi talenta-talenta dari Kabupaten PALI yang dapat menjadi pelaku seni dan mengembangkan budaya serta tradisi khas Bumi Serepat Serasan. 

"Pada festival ini ada berbagai lomba yang tentunya digali dari kebudayaan lokal. Hal ini akan memacu pelaku seni untuk menggali dan mengembangkan supaya bisa ditampilkan ditengah-tengah masyarakat," imbuhnya. 

Pada festival Candi Bumi Ayu, Sekda juga menyebut mampu mendongkrak wisatawan datang ke kawasan candi satu-satunya di provinsi Sumatera Selatan. 

"Dengan adanya festival ini akan banyak pengunjung datang ke PALI terutama Candi Bumi Ayu. Dengan banyaknya pengunjung, kita harus bisa memanfaatkan momen ini dengan menyambut mereka secara ramah agar pengunjung mendapat kesan baik sehingga akan datang kembali mengajak pengunjung lainnya," terangnya.

Bagi masyarakat PALI, Sekda mengajak sukseskan festival Candi Bumi Ayu. 

"Mari kita meriahkan festival ini dengan datang ke Candi Bumi Ayu, supaya pengunjung lain dari luar PALI ramai-ramai datang kesini," ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Budpar PALI menerangkan bahwa sebelum hari pembukaan, tepatnya kemarin 29 Mei 2024 Bupati PALI langsung meninjau kesiapan Festival Candi Bumi Ayu. 

"Pak Bupati telah meninjau kesiapan Festival Candi Bumi dan membuka lomba permainan tradisional," ungkapnya. 

Pada festival Candi Bumi Ayu tahun 2024, Novita menyatakan kegiatan tersebut sudah dua kali diselenggarakan. 

"Tahun lalu juga diselenggarakannya dan alhamdulillah sukses. Untuk tahun ini, rangkaian kegiatannya tidak jauh beda, yakni lomba permainan tradisional, pentas seni dan seminar terkait kebudayaan," jelasnya.

Untuk tujuan digelarnya festival Candi Bumi Ayu, Novita menjabarkan sebagai sarana promosi kebudayaan di kabupaten PALI. 

"Dengan adanya kegiatan ini, maka Candi Bumi Ayu semakin dikenal serta ragam budayanya. Karena lomba teatrikal serta lomba lainnya ada peserta dari daerah lain di provinsi Sumatera Selatan," tutupnya. *