Iklan

Kamis, 29 Februari 2024, Februari 29, 2024 WIB
Last Updated 2024-03-01T07:30:07Z
DaerahHeri AmalindoNasionalTrending

Momen Peresmian Gedung Pendopoan PALI Diisi Ruwahan, Bupati Melalui Wabup: Semoga Berkah Karena Penuh Do'a


Secara bertahap Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dibawah kepemimpinan Bupati Dr Ir H Heri Amalindo MM terus bersolek, salah satu yang telah selesai dibangun adalah Gedung Pendopoan yang letaknya persis bersebelahan dengan Guest House didalam lingkungan Komplek Pertamina Pendopo. 


Gedung Pendopoan PALI pun tadi malam, 29 Februari 2024 diresmikan oleh Pemda PALI yang dipimpin Bupati Heri Amalindo melalui Wabup Drs H.Soemarjono.


Pada peresmian gedung Pendopoan PALI, Pemda menggelar ritual turun temurun yang biasa dilakukan warga PALI jelang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. 


Ritual tersebut adalah Ruwahan. Dimana Ruwahan merupakan tradisi rakyat dengan mengundang kerabat dan tetangga untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dan membaca surat Yasin juga do'a yang dihadiahkan kepada arwah leluhur. 


Pada ritual Ruwahan sekaligus peresmian gedung Pendopoan PALI, Pemda mengundang Kapolres, Dandim, Kajari serta sejumlah OPD dan Forkopimda dilingkungan Pemkab PALI. 


Tentu dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran yang dibacakan secara berjama'ah, ruangan pada Gedung Pendopoan PALI bergema. 


Dikatakan Wabup bahwa pembangunan Gedung Pendopoan tersebut diperuntukkan berbagai kegiatan. 


Seperti untuk pentas seni, pertemuan maupun acara-acara resmi lainnya.


"Gedung ini untuk kepentingan umum, jadi apabila ada kegiatan pentas seni maupun pertemuan tidak lagi harus menyewa gedung lain yang perlu mengeluarkan biaya tak sedikit," ujar Wabup.


Dengan diresmikannya Gedung tersebut, Wabup berharap bisa bermanfaat dan menunjang pembangunan di Kabupaten PALI. 


"Semoga Berkah karena penuh do'a dan dengan adanya Gedung ini diharapkan mampu menyumbang pembangunan di Kabupaten PALI agar lebih maju lagi," harapnya.


Wabup juga menjelaskan sengaja digelar ritual Ruwahan untuk menjaga dan melestarikan tradisi masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan. 


"Isi dari ritual Ruwahan adalah melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran, membaca surat Yasin dan ditutup do'a, yang tentunya tradisi ini harus dijaga selain menjaga kebersamaan juga dari nilai agama sangat baik dalam mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta juga mengingat para leluhur yang telah mendahului kita," jelas Wabup.


Sementara itu, Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIK yang turut meramaikan ritual Ruwahan dalam meresmikan gedung Pendopoan menyampaikan apresiasi terhadap Pemda PALI. 


"Kegiatan ini sangat positif saat peresmian gedung Pendopoan dengan diisi acara Ruwahan. Karena tak hanya merayakan kebersamaan, namun juga menjadi ajang saling bermaaf-maafan menjelang bulan suci Ramadhan. Momen penuh khidmat ini menjadi wadah untuk berdoa bersama, mengharapkan kemudahan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan," ucap Kapolres PALI. ***